Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPT SMP NEGERI 1 KAMPAR

DINI ANGGINI, - (2024) PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPT SMP NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINI ANGGINI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dini Anggini, (2024): Pengaruh Metode Quiz Team Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di UPT SMP Negeri 1 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Quiz Team terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di UPT SMP Negeri 1 Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa diantaranya siswa jarang bertanya, menjawab pertanyaan dan siswa jarang mengemukakan pendapat. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah 175 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Uji Independent Sample t-Test), uji pengaruh (Effect Size), dan uji N-Gain Score dengan dibantu aplikasi SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pengaruh metode Quiz Team terhadap keaktifan belajar siswa dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan mean antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 55.06 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 50.55. Dari hasil uji-t diperoleh thitung (3.671) > ttabel (1.670) taraf signifikan 5% (1.670) atau 1.670 < 3.671 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan data effect size diketahui bahwa nilai effect size sebesar 1.00, dengan demikian pengaruh metode Quiz Team terhadap keaktifan belajar siswa memiliki pengaruh dengan kategori moderate effect (efek sedang). Kata Kunci: Metode Quiz Team, Keaktifan Belajar, Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukma Erni, -2015056801sukmaerni@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:18
Last Modified: 27 Dec 2024 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85105

Actions (login required)

View Item View Item