Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI

ANNISA RAHMADINA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA RAHMADINA.pdf

Download (98MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Rahmadina (2024) : Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP/MTs pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Penelitian dilakukan di MTsN 3 Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah para ahli dan peserta didik kelas VII MTsN 3 Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan teknik tes menggunakan instrumen angket dan soal posttest. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan 0,86% dengan kategori sangat valid, dan sangat praktis (89,60% untuk kelompok kecil dan 92,75% untuk kelompok terbatas). Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai sebesar dan nilai sebesar , maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan modul paling rendah 80 berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Komunikasi Matematis, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHAYATUN NUFUS, --hayatun.nufus@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:22
Last Modified: 03 Jan 2025 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84991

Actions (login required)

View Item View Item