ANNISA RAHMADINA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ANNISA RAHMADINA.pdf Download (98MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Rahmadina (2024) : Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP/MTs pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Penelitian dilakukan di MTsN 3 Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah para ahli dan peserta didik kelas VII MTsN 3 Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan teknik tes menggunakan instrumen angket dan soal posttest. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan 0,86% dengan kategori sangat valid, dan sangat praktis (89,60% untuk kelompok kecil dan 92,75% untuk kelompok terbatas). Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai sebesar dan nilai sebesar , maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan modul paling rendah 80 berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Komunikasi Matematis, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 02:22 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 02:22 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |