RIZKA AFRIYANI, - (2024) STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL-1.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizka Afriyani, (2024) : Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, 2) Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru dan untuk informan pendukungnya disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan yakni, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi implementasi kurikulum merdeka di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru meliputi : kesiapan sekolah untuk mengimplementasin kurikulum merdeka dengan melakukan perencanaan yaitu pelatihan-pelatihan dan seminar, fokus pada pengajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu pada mata pelajaran manajemen perkantoran dan layanan bisnis telah menerapkan sistem digitalisasi dalam penanganan dokumen, pelatihan mandiri kurikulum merdeka yaitu tenaga pendidik dan kependidikan telah mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM), penyediaan sumber daya manusia yaitu kemampuan guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan pemanfaatan komunitas belajar dengan melakukan kunjungan studi. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka. Faktor pendukung yaitu, ketersediaan SDM, sarana prasarana, teknologi motivasi dan dukungan orangtua. Faktor penghambat yaitu, faktor internal: berasal dari motivasi dan sikap siswa, sarana prasarana. sedangkan faktor eksternal berasal dari dukungan orang tua. Kata Kunci: Strategi, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:59 | ||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:59 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84871 |
Actions (login required)
View Item |