Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR

ANDRIANI PUTRI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANDRIANI PUTRI (2024) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap hasil belajar geografi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 88 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square dan siswa kelas X2 untuk kelas kontrol dengan perlakuan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest hasil belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-Test. Setelah dilakukan pengujian dapat diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada.kelas kontrol, dengan perbandingan 60,3% dan 31,5%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Square, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYulia Novita, -1013066801YuliaNovita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:53
Last Modified: 03 Dec 2024 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84713

Actions (login required)

View Item View Item