KHAIRUN NISA, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK (E-LKS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS TEKNOLOGI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - KHAIRUN NISA.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - KHAIRUN NISA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas E-LKS yang dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi dan kepraktisan E-LKS yang dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Teknologi Pekanbaru. Jenis penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh 4D. Subjek penelitian ini yaitu siswa XI SMA Teknologi Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah pengembangan E-LKS pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS SMA Teknologi Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dokumentasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS) pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model 4D yang diawali dengan tahapan define, tahapan design untuk merancang dan menentukan format yang tepat dalam E-LKS, yang kemudian dikembangkan melalui development yang kemudian divalidasi atau dinyatakan layak oleh validator, tahap disseminate untuk mengukur keefektivan media yang digunakan dalam proses pembelajaran yang dilihat dari respon siswa sebagai pengguna E-LKS. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS) pada mata pelajaran Ekonomi dapat digunakan dalam proses pembelajaran setelah melalui proses validasi dan dinyatakan layak dengan penilaian ahli validasi media diperoleh persentase kevalidan sebesar 73,04% dengan kategori valid. Penilaian ahli materi diperoleh persentase kevalidan sebesar 73,33% dengan kategori valid. Setelah valid E-LKS dinilai diukur kepraktisannya oleh 15 orang siswa kelas XI dan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 82,22% dengan kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:39 | ||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:39 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84614 |
Actions (login required)
View Item |