Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENYEMBELIHAN HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI PASAR PAGI KELURAHAN TIRTA SIAK PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH

NURMALAH, - (2024) PENGARUH PENYEMBELIHAN HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI PASAR PAGI KELURAHAN TIRTA SIAK PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nurmalah (2024): Pengaruh Penyembelihan Halal terhadap Perilaku Konsumen di Pasar Pagi Kelurahan Tirta Siak Perspektif Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan perilaku konsumen dalam hal penyembelihan halal terdapat di Pasar Pagi kelurahan Tirta Siak. Hal ini berdampak kepada konsumen yang akan membeli ayam potong. yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penyembelihan halal berpengaruh terhadap perilaku konsumen di pasar pagi Kelurahan Tirta Siak dan Bagaimana perspektif ekonomi syariah tentang penyembelihan halal di pasar pagi Kelurahan Tirta Siak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) Subjek penelitian ini adalah konsumen ayam potong. Populasi berjumlah 200 dengan Sampel penelitian 67 orang. Adapun Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling, yaitu cara pengambilan sampel secara aksidental (accidental) dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, angket/kuesioner, dan Dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara Penyembelihan Halal terhadap Perilaku Konsumen di pasar pagi Kelurahan Tirta Siak. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana sebagai berikut Y = 34,301 + 0,023X, berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diketahui bahwa nilai thitung>ttabel =239 > 1.996, koefisien determinasi sebesar 0,1 %, yang artinya variabel pengaruh penyembelihan halal tidak terdapat pengaruh terhadap variabel perilaku konsumen sebesar 0,1% dan 99,9%. Dalam tinjauan ekonomi syari’ah seorang muslim dalam memutuskan pembelian harus sesuai dengan ketentuan syariat Islam, oleh karena itu harus memahami terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian untuk dikonsumsi. Dari hasil penelitian penulis menunjukkan rendahnya tingkat pengaruh penyembelihan halal terhadap perilaku konsumen tersebut yang seharusnya pengetahuan produk halal menjadi faktor penting dalam memutuskan pembelian bagi seorang muslim Kata Kunci : Penyembelihan Halal, Perilaku Konsumen, Ekonomi Syari’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZURAIDAH, -2013087101zuraidah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMadona Khairunisa, -2018098602madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:39
Last Modified: 12 Nov 2024 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84488

Actions (login required)

View Item View Item