WIDYA ANASTHA PAMELEN, - (2024) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KANDIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL REVISI.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Widya Anastha Pamelen : Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Kinerja Guru Di Sekolah Menegah Pertama Negeri 5 Kandis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kebijakan kepala sekolah dalam pengelolaan kinerja guru di SMP Negeri 5 Kandis, 2) Faktor pendukung dan penghambat kebijakan kepala sekolah dalam pengelolaan kinerja guru di SMP Negeri 5 Kandis. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, peneliti menjadi instrument utama, melalui observasi, wawancara medalam, serta dokumentasi, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam pengelolaan kinerja guru meliputi beberapa aspek penting, termasuk pengembangan profesional berkelanjutan, evaluasi kinerja yang transparan, pemberian penghargaan dan insentif, serta penciptaan lingkungan kerja yang mendukung. Kepala sekolah berperan aktif dalam mendorong peningkatan kompetensi guru melalui program pelatihan, mentorship, dan penyediaan fasilitas yang memadai. Selain itu, sistem evaluasi kinerja yang adil dan berbasis indikator jelas menjadi landasan utama dalam menilai dan meningkatkan kinerja guru. Faktor pendukung kebijakan ini mencakup penetapan standar kinerja, evaluasi kinerja berkala, pengembangan profesional, dukungan dan bimbingan. Kebijakan yang diterapkan secara efektif berhasil meningkatkan motivasi dan kinerja guru, yang pada gilirannya berdampak positif pada kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti Kurangnya sumberdaya, Resitensi terhadapa perubahan, Kurangnya pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan, Budaya sekolah yang tidak mendukung. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan peningkatan dukungan dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, serta pengembangan strategi manajemen perubahan untuk mengatasi hambatan tersebut. Kesimpulannya, kebijakan kepala sekolah dalam pengelolaan kinerja guru memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Pengelolaan yang efektif, didukung oleh kepemimpinan yang kuat dan komitmen terhadap pengembangan profesional, dapat meningkatkan kinerja guru dan memberikan dampak positif pada pencapaian akademik siswa. Kata Kunci : Kebijakan, Kepala Sekolah, Pengelolaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:44 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:44 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84486 |
Actions (login required)
View Item |