MARISKA FITRI, - (2024) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN PRODUK ARRUM HAJI PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG HARAPAN RAYA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (21MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
ABSTRAK Mariska Fitri, Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Arrum Haji (2024) PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk baru yang dikeluarkan oleh Pegadaian Syariah, dimana masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa di Pegadaian Syariah itu hanya tempat menggadai emas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mekanisme pembiayaaan produk Arrum Haji, bagaimana strategi pembiayaan produk Arrum Haji dan bagaimana strategi pemasaran pembiayaan produk Arrum Haji Perspektif Ekonomi Syariah PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan produk Arum Haji PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan pada Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya, manager Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya dan nasabah haji. Metode analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendisplay data dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme pembiayaan Arrum Haji yang diberikan pihak pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya, nasabah cukup memberikan jaminan emas perhiasan atau logam mulia seberat 3,5 garam dan persyaratan lainnya nasabah sudah bisa mendapatkan nomor porsi haji. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya menggunakan strategi 4P yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Dari empat strategi ini memiliki peran penting masingmasing, seperti produk Arum Haji yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya proses mudah dan memiliki keunggulan tersendiri, harga yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya dengan harga yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Guna untuk memudahkan para konsumen, tempat PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya memilih tempat-tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Promosi yang diterapkan pihak Pegadain Syariah Cabang Harapan Raya yaitu, Publisitas (publicity) dan penjualan tatap muka (personal selling). Dalam Perspektif Ekonomi Syariah strategi pemasaran Produk Arrum Haji PT. Pegadaian Syariah Cabang Harapan Raya, mengedepankan karakteristik Pemasaran Dalam Islam yakni ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-waqiyyah), Humanis (Insaniyyah) dan juga telah sesuai dengan Fatwa DSN No. 92/DSNMUI/IV/2014. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Arrum Haji, Pegadaian Syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84468 |
Actions (login required)
View Item |