FACHMI ALWI HUTASUHUT, - (2024) PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP DAYA SAING USAHA DODOL DI DESA HUTAKOJE DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fachmi Alwi Hutasuhut (2024): Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Daya Saing Usaha Dodol di Desa Hutakoje Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan usaha dodol di Desa Hutakoje, Kecamatan Angkola Barat. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap daya saing usaha dodol di Desa Hutakoje, Kecamatan Angkola Barat Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen usaha dodol sebanyak lebih kurang 40 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Quota Sampling. Dengan pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Studi Pustaka. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Ver. 25.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, pengaruh inovasi terhadap daya saing dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung (1,670) < t tabel (2.02619) dengan nilai signifikansi 0,103 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh secara positif signifikan. Kedua, Pengaruh kreativitas terhadap daya saing usaha menggunakan uji t diperoleh nilai (3,243) > t tabel (2.02619) dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05 artinya terdapat pengaruh secara positif signifikan, ketiga pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap Daya saing pada usaha dodol di Desa Hutakoje.Berdasarkan hasil uji f diperoleh nilai (55, 309) > F tabel (3.25), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,736 hal ini berarti sumbangsi pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap daya saing sebesar 73,6% Sedangkan sisanya sebesar 26,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang di luar penelitian ini.Mengenai inovasi, kreativitas dan daya saing telah sesuai prinsip syariah karena telah melakukan inovasi berupa pengembangan dan menghasilkan produk baru, kreativitas juga berupa dengan cara perlusan pasar yang kreatif dan persaingan yang sehat,tidak berlaku curang dan memberikan harga yang kompetitif terhadap konsumennya Kata Kunci: Inovasi, Kreativitas, Daya saing
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84428 |
Actions (login required)
View Item |