Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENERAPAN METODE HIWAR TERHADAP MAHARAH KALAM SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

YOGA OCVI RIYANDI, - (2024) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENERAPAN METODE HIWAR TERHADAP MAHARAH KALAM SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOGA OCVI RIYANDI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yoga Ocvi Riyandi, (2024): Pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan penerapan metode hiwar terhadap maharah kalam siswa kelas X Madrasah aliyah darul hikmah pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif, terdiri dari dua variabel yaitu pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan penerapan metode hiwar (X) terhadap Maharah kalam (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan penerapan metode hiwar terhadap maharah kalam siswa kelas X Madrasah aliyah darul hikmah pekanbaru. Rumusan Masalah Dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana dalam Pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan penerapan metode hiwar terhadap maharah kalam siswa kelas X Madrasah aliyah darul hikmah pekanbaru”. Objek dari penelitian ini adalah Maharah kalam siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MA Darul Hikmah tahun ajaran 2023 / 2024.yang berjumlah 182 siswa. Dengan sampel siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, tes, dan angket. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh antara Keaktifan siswa dalam penerapan metode hiwar terhadap maharah kalam siswa Dari hasil sebelumnya terlihat hasil sig (2-tailed (0,352) lebih kecil dari (0,05), dan dari hasil bagi sebelumnya Pearson Correlation (0,352) lebih besar dari rt (0,342) Oleh karena itu, Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi sedang, dan pengaruh antara keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan penerapan metode hiwar terhadap maharah kalam siswa kelas X Madrasah aliyah darul hikmah pekanbaru Kata kunci : Pengaruh, Metode Hiwar, Maharah Kalam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYUSRIYAH, -2005048802yusriyah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:45
Last Modified: 06 Nov 2024 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84420

Actions (login required)

View Item View Item