Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED

IZHMI KHAIRUNI, - (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IZHMI KHAIRUNI.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
IZMI KHAIRUNI- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

ABSTRAK Izhmi Khairuni, (2024): Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self Regulated Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self regulated peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self regulated, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 2) Terdapat pengaruh self regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran problem posing dengan self regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 4) Terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik dengan tingkat self regulated tinggi, sedang, rendah yang menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Posing Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Regulated.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
ContributorDr. Suhandri, S.Si., M. Pd., -2021026801Suhandri@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:32
Last Modified: 14 Oct 2024 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84186

Actions (login required)

View Item View Item