Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM'S ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 ROKAN IV KOTO

RENI DELFIANTI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM'S ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 ROKAN IV KOTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Bab Gab)
SKRIPSI TANPA BAB IV (2).pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran student team’s achievement division (STAD) terhadap keaktifan belajar IPS siswa di SMP Negeri 4 Rokan IV Koto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa diantaranya proses kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, siswa kurang terlibat dalam memecahkan masalah serta kurangnya kemauan siswa dalam melatih diri memecahkan soal dan masalah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 40 siswa, sedangkan sampelnya seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size dan uji N-gain score dengan dibantu SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pengaruh model pembelajaran student team’s achievement division (STAD) terhadap keaktifan belajar IPS siswa dapat disimpulkan yaitu rata-rata keaktifan belajar IPS siswa menggunakan model pembelajaran student team’s achievement division (STAD) lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu rata-rata posttest kelas eksperimen 79.45% sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata posttest 71.70%,, hal ini dapat diketahui dari thitung (5.233) > ttabel (1.685). Berdasrkan hasil perhitungan data effect size diketahui bahwa nilai effect size sebesar 0,83, dengan demikian pengaruh model pembelajaran student team’s achievement division (STAD) terhadap keaktifan belajar IPS siswa memiliki pengaruh dengan kategori efek sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEmilia Susanti, -2006077604emilia.susanti067@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Sep 2024 00:49
Last Modified: 18 Sep 2024 00:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84110

Actions (login required)

View Item View Item