Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa/I di MTs Mathlabul Ulum Tapung

SITI KHOTIMATUS SHOLIHAH, - (2024) Efektivitas Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa/I di MTs Mathlabul Ulum Tapung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI KHOTIMATUS SHOLIHAH.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Khotimatus Sholihah, (2024) : Efektivitas Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa/I di MTs Mathlabul Ulum Tapung Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari dua variable yaitu metode sugestopedia ( X ) dan keterampilan berbicara ( Y ) di MTs Mathlabul Ulum Tapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berbicara siswa yang di ajar menggunakan metode sugestopedia dengan siswa yang tidak menggunakan metode sugestopedia di MTs Mathlabul Ulum Tapung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Metode Sugestopedia efektif untuk meningkatkan maharah kalam dalam belajar Bahasa Arab di MTs Mathlabul Ulum Tapung?”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas VIII MTs Mathlabul Ulum Tapung, dan sampelnya adalah siswa/I kelas VIIIA sebagai kelompok control yang berjumlah 24 orang dan siswa/I kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII MTs Mathlabul Ulum Tapung, dan objek peenelitian ini adalah penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. instrument yang digunakan adalah observasi dan tes (pre-test dan post-test). Berdasarkan analisis yang disimpulkan bahwa metode sugestopedia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTs Mathlabul Ulum Tapung, hal ini Terbukti dari perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen. Ditunjukkan dengan uji validitas data menunjukkan bahwa nilai pre-test dan post-test memiliki nilai R.hitung yang lebih besar yaitu 0,388 sehingga dianggap valid. Kemudian pada uji Chi-square menunjukkan adanya keterkaitan hubungan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test di kedua kelas baik kontrol maupun eksperimen dengan nilai signifikansi 0.000. Selanjutnya ditunjukkan pada uji sampel independen T, pada kelas kontrol tidak terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest dan post-test. Sedangkan pada kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa metode ini dapat membuat belajar lebih mudah, menyenangkan, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa/i di MT Mathlabul Ulum Tapung. Kata kunci : Metode Sugestopedia, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNandang Sarip Hidayat, -2005077303nandang.sarip.hidayat@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:00
Last Modified: 17 Sep 2024 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84107

Actions (login required)

View Item View Item