Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG

ALDA ALTIKA MAZAINA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Alda Altika Mazaina, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang yang berjumlah 425 siswa, Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas X.2 berjumlah 36 Siswa sebagai kelas eksperimen dan X.1 berjumlah 36 Siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Dibuktikan dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak dengan kategori efek sangat tinggi (Strong Effect). Jika dihitung presentase yang diperoleh, maka dapat diperoleh besar kenaikan 15,78%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGusma Afriani2005087701gusma.afriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2024 10:15
Last Modified: 30 Jul 2024 10:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84018

Actions (login required)

View Item View Item