INGKA INDAR RAHAYU, - (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
Abstract
INGKA INDAR RAHAYU (2024) : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang antusias dalam mencari jawaban soal yang diberikan, kurangnya perhatian siswa terhadap informasi yang disampaikan, kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnnya penggunaan media audio visual di sekolah. Sehingga, menyebabkan rasa ingin tahu siswa kurang terangsang dengan baik dan siswa cenderung tidak aktif. Jenis penelitian ini menggunaan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 244 orang. Sedangkan sampel penelitian ini kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII I sebagai kelas eksperimen dengan penarikan sampel mengunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner), observasi dan dokummentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu siswa pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran audio visual memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas control, dengan rata-rata rasa ingin tahu siswa pada kelas eksperimen sebesar 69, sedangkan pada kelas control sebesar 56,9. Berdasarkan hasil uji independent t-tets diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05 dan diketahui nilai t hitung 6,787 lebih besar dari t 1,685. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang besar dari media pembelajaran audio visual terhadap rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Rasa Ingin Tahu Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83659 |
Actions (login required)
View Item |