ADRIAN, - (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN USWAH HASANAH KUBANG RAYA KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ADRIAN.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Adrian, (2024) : Penerapan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Uswah Hasanah Kubang Raya Kampar Penelitian ini adalah penelitian eskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskrisikan penerapan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Uswah Hasanah Kubang Raya Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana penerapan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Uswah Hasanah Kubang Raya Kampar. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian pengumpulan data melalui wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Uswah Hasanah Kubang Raya Kampar. Adapun Subjek pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa bahwa guru di Pondok Pesantren Uswah Hasanah Kubang Raya Kampar terjadi perubahan secara signifikan dari hasil pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan keterampilan berbiacara. Adapun faktor pendukung untuk menigkatkan keterampilan berbicara yaitu dengan melaksanakan kegiatan Shobahullugoh yang dilaukan setiap subuh Jumat. Selanjutnya untuk faktor pendukung keterampilan mendengar melalui kegiatan muhadoroh dimana siswa juga diminta untuk mendengarkan bahasa arab yang baik dan benar saat mendengarkan evaluasi yang disampaikan oleh guru saat kegiatan Muhadoroh. Adapun untuk faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara adalah kegiatan Shobahullogoh yang dilakukan sangat sedikit waktu yang disediakan. Sedangkan faktor penghambat dalam keterampilan mendengar belum adanya sarana yang lengkap Kata kunci: Keterampilan mendengar, Keterampilan berbicara, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2024 13:42 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2024 13:42 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83658 |
Actions (login required)
View Item |