PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 TAMPAN PEKANBARU

Amaliah, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013225PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (class action research). Berdasarkanhasilpengamatan di SDN 003 TampanPekanbaru, ditemuibeberapagejalaataufenomenadalam proses belajarmengajarkhususnyapadapelajaranmatematika, sepertinilai yang diperolehsiswatidakmencapai KKM. Penggunaanmetodedalampembelajarankurangbervariasi, hanyasebagiansiswa yang dapatmengerjakantugasdenganbenardansesuaidenganjadwal yang ditetapkanoleh guru.Bilasiswadiberipertanyaanoleh guru siswacenderungtidakbisamenjawabpertanyaan yang diberikankepadasiswatentangmateri yang dipelajari. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampelajaranmate matikasiswakelas V SDN 003 TampanPekanbarudenganPenerapan Quantum Teaching.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 003 TampanPekanbaru, tahunajaran 2008/2009 denganjumlahsiswasebanyak 34 orang.Sedangkanobjekdalampenelitianiniadalahpenerapanpembelajaran Quantum Teaching untukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas V SDN 003 TampanPekanbaru.Agar penelitiantindakankelasiniberhasildenganbaiktanpahambatan yang mengganggukelancaranpenelitian, penelitimenyusuntahapan-tahapan yang dilaluidalampenelitiantindakankelas.Tahapan-tahapannyayaitu :perencanaantindakan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi. Berdasarkanhasilpenelitian, makadiperolehkesimpulanbahwapenelitianinidapatmeningkatkanhasilbelajarmatemati kasiswakelas V SDN 003 TampanPekanbarupadamateripokoksifatsifatbangundatar. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 9 orang (26,47%) siswa yang tuntas, sedangkan 25 orang siswa (73,53%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 orang (55,88%) siswa yang tuntas. Sedangkan 15 orang siswa (44,12%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 24 orang (70,59%) siswa yang tuntas. Sedangkan 10 orang siswa (29,41%) belum tuntas.Sedangkan pada siklus III ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 88,24% atau sekitar 30 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 63.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:01
Last Modified: 18 Oct 2016 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8365

Actions (login required)

View Item View Item