Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampak Kehidupan terhadap Prestasi Belajar Geografi di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang

M.Fadhil Ramadhan,, -- (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampak Kehidupan terhadap Prestasi Belajar Geografi di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

ABSTRAK M.Fadhil Ramadhan, 2024: Pengaruh Metode Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampak Kehidupan terhadap Prestasi Belajar Geografi di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran TGT (team game tournament) pada materi bencana alam terhadap prestasi belajar geografi kelas X di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Kabupaten Kampar kelas X dengan jumlah siswa 68 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara purposive, yaitu 20 orang siswa kelas X-A untuk kelas eksperimen dengan perlakuan metode pembelajaran TGT (Team Game Tournament) dan 20 orang siswa kelas X-B untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test yang mengukur prestasi belajar, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran TGT (team game tournament) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar geografi kelas X di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang diperoleh pada kelompok eksperimen yaitu 0,000. Besaran pengaruh metode TGT (Team Game Tournament) terhadap prestasi belajar geografi kelas X di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang berada pada level cukup tinggi dengan nilai effect size sebesar 0,698. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Team Game Tournament, Dinamika Litosfer Dan Dampak Kehidupan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNELVAWITA2026107402nelvawita@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:33
Last Modified: 27 Jul 2024 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83609

Actions (login required)

View Item View Item