Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTS ISLAM DARUL QURAN KAMPAR

ARWAN SAPUTRA, - (2024) EFEKTIFITAS METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTS ISLAM DARUL QURAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKIRIPSI ARWAN SAPUTRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arwan Saputra (2024): Efektifitas Metode Sam’iyyah Syafawiyah Menggunakan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Islam Darul Quran Kampar. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode sam’iyyah syafawiyah menggunakan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Islam Darul Quran Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyah menggunakan media flash card efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa di MTs Islam Darul Quran Kampar?”. Subjek penelitian adalah seluruh siswa MTs Islam Darul Quran Kampar, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyah menggunakan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Islam Darul Quran Kampar dan sampelnya adalah siswa kelas 8A dan 8B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan metode sam’iyyah syafawiyah menggunakan metode flash card dengan yang tidak menerapkan metode audo lingual menggunakan media flash card. Karena nilai To = 2,70 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5% = 2,00. ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode sam’iyyah syafawiyah menggunakan media flash card efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa di MTs Islam Darul Quran Kampar. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Sam’iyyah Syafawiyah, Flash Card, Hasil Belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPangadilan Rambe, -2007107801UNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:02
Last Modified: 27 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83549

Actions (login required)

View Item View Item