MUFIDA JANNUR DAULAY, - (2024) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI MUFIDA JANNUR DAULAY.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Mufida Jannur Daulay, (2024): Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru melalui strategi active knowledge sharing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah strategi active knowledge sharing dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum tindakan 1 orang siswa atau 4,35% berada pada kategori baik sekali, 4 orang siswa atau 17,39% berada pada kategori baik, 6 orang siswa atau 26,09% berada pada kategori cukup, dan 12 orang siswa atau 52,17 berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi active knowledge sharing. Pada siklus I kemampuan pemahaman siswa ada peningkatan, 1 orang siswa atau 4,35 berada pada kategori baik sekali, 4 orang siswa atau 17,39% berada pada kategori baik, 8 orang siswa atau 35% berada pada kategori cukup dan 10 orang siswa atau 43,48% berada pada kategori cukup. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan Kembali yaitu, 6 orang siswa atau 26,09% berada pada kategori baik sekali, 13 orang siswa atau 56,52% berada pada kategori baik, 3 orang siswa atau 13,04% berada pada kategori cukup dan 1 orang siswa atau 4,35% berada pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan kemampuan konsep siswa kelas V pada muatan pelajaran IPA MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Active Knowledge Sharing, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:44 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:44 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83526 |
Actions (login required)
View Item |