Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN TILAWAH PADA KOMUNITAS ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM PEMBENTUKAN GENERASI QUR’ANI DI ERA KONTEMPORER (Studi Kasus Komunitas ODOJ Di Jakarta Selatan )

HANIFAH HANUM, - (2024) DESAIN TILAWAH PADA KOMUNITAS ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM PEMBENTUKAN GENERASI QUR’ANI DI ERA KONTEMPORER (Studi Kasus Komunitas ODOJ Di Jakarta Selatan ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISIS)
BAB IV HASIL DAN ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul : “Desain Tilawah al-Qur’an pada Komunitas ODOJ (One Day One Juz) dalam Pembentukan generasi Qur’ani di era kontemporer, (,” dengan rumusan masalah: (1)Bagaimana tilawah al-Qur’an pada komunitas ODOJ dan pembentukan generasi Qur’ani di era kontemporer, dan (2)Bagaimana desain tilawah pada komuitas ODOJdan pembentukan generasi Qur’ani di era kontemporer. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (library research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Jl. Ketapang No. 52A, Jati Padang Kecamatan Ps. Minggu, kota Jakarta Selatan, daerah Khusus ibukota Jakarta. Dilakukan selama 6 bulan/ 1 semester terhitung sejak dikeluarkannya Surat Rekomendasi Riset dari Kesbangpol Provinsi Riau. Informan penelitian ini terdiri dari beberapa anggota kepengurusan komunitas ODOJ, koordinator, admin, asisten admin yang mengelola jalannya program tilawah OS 710 FOS 13 dan beberapa para anggota member di dalamnya yang menjalani program ODOJ Star tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: deduktif, induktif dan komperatif. Hasil penelitian: (1) Tilawah al-Qur’an pada program ODOJ Star berhasil menjadi alat efektif dalam membentuk generasi Qur’ani di era kontemporer. Para peserta menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi dengan melaporkan tilawah mereka secara konsisten melalui platform online, seperti grup whatsapp. 2)Desain tilawah al-Qur’an pada komunitas ODOJ dalam pembentukan generasi Qur’ani menggunakan mushaf/aplikasi ayat untuk tilawah al-Qur’an. Setelahnya perbaikan dan bacaan nya di waktu kelas tahsin menggunakan metode utsmani. dukungan dari komunitas dan kemudahan akses melalui platfrom online telah memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan menerapkan tilawah Kata Kunci: Tilawah al-Qur’an , Generasi Qur’ani, Komunitas ODOJ (One Day One Juz)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuja'i Sarifandi2003057001suja'i.sarifandi.@uin-suska.ac.id
Thesis advisorEdi Hermanto2018078601edi.hermanto@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:13
Last Modified: 26 Jul 2024 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83499

Actions (login required)

View Item View Item