EDEL MALSY NURANI, - (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Edel Malsy Nurani, (2024) : Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Penelitian ini berjudul peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum merdeka di sekolah menengah atas al Huda pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini : 1. Untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum merdeka di sekolah menengah atas al Huda pekanbaru. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran Kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum merdeka di sekolah menengah atas al huda pekanbaru. Metode yang di pakai dalam Penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sedangkan informan pendukung adalah waka kurikulum. Dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1. Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Al Huda Pekanbaru sudah sangat baik. Kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka sudah memahami garis besar kurikulum merdeka, memahami pembelajaran assessment, memahami pengembangan kurikulum operasional sekolah,. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk melakukan atau berpartisipasi dalam kegiatan pendukung, menganalisis atau mengidentifikasi sumber daya sekolah. 2. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka di sekolah menengah atas al huda pekanbaru. Faktor pendukung kepemilikan sarana dan prasarana dalam menunjang implementasi kurikulum merdeka dan guru terus memperhatikan perkembangan perkembangan peserta didik dan majelis guru terus upgrade ilmu dalam implementasi kurikulum merdeka seperti pelatihan pelatihan. Faktor penghambat Dalam pelaksanaan yaitu terdapat kendala kurikulum merdeka masih dianggap tabu atau baru sehingga kepala sekolah dan majelis guru perlu untuk menyesuaikan dan juga mempelajari lebih extra terhadap pembelajaran guru seperti modul, konten pembelajaran hingga metode pembelajaran yang akan dilaksanakan, sehingga pembelajaran pun tidak akan monoton dan akan sesuai dengan kurikulum merdeka ini. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, lmplementasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:14 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83481 |
Actions (login required)
View Item |