DWI NOPIANTI, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI DWI NOPIANTI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Nopianti (2024) : Pengembangan Media Ajar Digital Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa padaMateri Himpunan di SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas media ajar digital berbasis lectora inspire yang dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi himpunan di MTs Swasta Al- Muslimun Kecamatan Sekijang Mati. Jenis penelitian adalah Research and development dengan menggunaan model Plomp. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Swasta Al-Muslimun Kecamatan Sekijang Mati. Objek penelitiannya adalah media ajar digital berbasis lectora inspire yang sudah dikembangkan untuk memfasilitasi proses pembelajaran siswa tentang materi himpunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket praktikalitas,dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pengujian menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini membuktikan Tingkat validitas produk pengembangan media ajar digital berbasis lectora inspire dikategorikan sangat valid dengan nilai validasi terakhir dari ahli media yaitu sebesar 80,00%, dan dari ahli materi mencapai 80,83%. Tingkat praktikalitas produk pengembangan media ajar digital adalah sangat praktis dengan nilai 83,00%. Kemampuan pemahaman siswa menggunakan media ajar digital berbasis lectora inspire mencapai 85,95, lebih tinggi jika dibandingkan sebelum menggunakan media ajar digital berbasis lectora inspire yang hanya mencapai 57,62. Uji efektifitas menunjukan Hasil N-Gain didapatkan bahwa rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,669 berada antara 0,56 – 0,75 artinya efektifitas media ajar digital berbasis lectora inspire yang dikembangkan pada materi himpunan di MTs Swasta Al-Muslimun Kecamatan Sekijang Mati dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tergolong ―cukup efektif‖. Kata Kunci: Pengembangan, Media Ajar Digital, Himpunan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:56 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83440 |
Actions (login required)
View Item |