Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Antara Kontrol Diri dan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Phubbing Pada Remaja Pertengahan di Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

SRI DALIA DEVI, - (2024) Hubungan Antara Kontrol Diri dan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Phubbing Pada Remaja Pertengahan di Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV SRI DALIA DEVI.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV SRI DALIA DEVI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Keasyikan dan terlalu fokus pada smartphone yang dimiliki dapat membuat seseorang mengabaikan lingkungan sekitar. Perilaku seperti ini dapat disebabkan karena rendahnya kontrol diri dan kecerdasan emosi yang dimiliki, sehingga individu menggunakan smartphone secara berlebihan. Penggunaan smartphone yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat memunculkan perilaku phubbing dan merusak kualitas hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kontrol diri dan kecerdasan emosi dengan perilaku phubbing pada remaja pertengahan di Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja pertengahan yang berusia 15 sampai 18 tahun sebanyak 379 orang, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala kontrol diri, skala kecerdasan emosi, dan skala perilaku phubbing. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan kecerdasan emosi dengan perilaku phubbing pada remaja pertengahan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi (r) -0,386 dan -0,245. Ini berarti, semakin tinggi kontrol diri dan kecerdasan emosi, maka semakin rendah perilaku phubbing pada remaja pertengahan di Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Sumbangan efektif yang diberikan kontrol diri dan kecerdasan emosi terhadap perilaku phubbing sebesar 14,92%. Hasil yang dapat diterapkan dari penelitian ini adalah diperlukannya program atau pelatihan yang dapat meningkatkan kesadaran remaja untuk melakukan kontrol diri dan meningkatkan kecerdasan emosi dalam rangka mengurangi perilaku phubbing. Kata kunci: perilaku phubbing, kontrol diri, kecerdasan emosi, remaja pertengahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, -2017076601mukhlis1@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:57
Last Modified: 24 Jul 2024 00:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83415

Actions (login required)

View Item View Item