AFIFAH RAHMI, - (2024) PERAN MUDABBIR DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL MUSLIMIN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI AFIFAH RAHMI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Afifah Rahmi (2024) : Peran Mudabbir di Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Siak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tanggungjawab mudabbir dalam menjalankan tugas dan perannya di Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Mudabbir di Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Siak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah Mudabbir sedangkan informan pendukung adalah musyrifah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peran mudabbir di Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Siak adalah sebagai pembimbing, pendidik, motivator, evaluator dan teladan. Faktor pendukung mudabbir dalam menjalankan perannya di Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Siak yaitu adanya dukungan dan nasihat dari Musyrifah, Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Ittihadul muslimin (OPPIM), adanya peraturan pondok dan jadwal waktu kegiatan santri. Sedangkan faktor penghambatnya adanya konflik internal antar mudabbir. Kata kunci : Peran, Mudabbir, pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:12 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:12 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83368 |
Actions (login required)
View Item |