MITRA M. SAPUTRA, - (2024) KONSEP ETIKA GURU DALAM BERINTERAKSI DENGAN SISWA, RELEVANSINYA DENGAN ADAB SISWA (TELA`AH KITAB TADZKIRATUSSAMI' WALMUTAKALLIMFII ADABIL `ALIM WAL-MUTA`ALLIM). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS MITRA M. SAPUTRA.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Mitra M. Saputra, 2024 : Konsep Etika Guru dalam Berintekrasi dengan Siswa, Relevansinya terhadap Adab Siswa (Telaah kitab Tadzkiratus sami’ wal-mutakallim Fii Adabil `Alim Wal-Muta`allim) Permasalahan pokok pada pembahasan ini adalah bagaimana konsep etika guru dalam berintekrasi dengan siswa dan relevansinya terhadap adab siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep etika guru dalam berinteraksi dengan siswa perspektif Ibnu Jama’ah? 2) Bagaimana relevansi etika guru dengan adab siswa dalam kitab Tazdkiratus Sami’ Wal-Mutakallim Fii Adabil`alim Wal-Muta’allim? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis konsep etika guru dalam berinteraksi dengan siswa perspektif Ibnu Jama’ah. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis etika-etika guru perspektif Ibnu Jama`ah. Penelitian tesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pandangan Ibn Jama’ah tentang etika guru dilatar belakangi adanya tuntutan pada zamannya yaitu kegiatan pendidikan sudah mengalami degradasi oleh sebab itu Ibn Jama’ah menawarkan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh seseorang yang akan menjadi guru. Kriteria guru bisa disimpulkan menjadi enam poin. Pertama, menjaga etika selama melaksanakan tugas pendidikan. Kedua, tidak menjadikan profesi guru sebagai usaha untuk menutupi kebutuhan ekonominya. Ketiga, mengetahui situasi social kemasyarakatan. Keempat, kasih sayang dan sabar. Kelima, adil dalam memperlakukan murid. Keenam, menolong dengan kemampuan yang dimilikinya. Kedua, dengan mengaplikasikan prilaku-prilaku luhur yang enam tersebut, maka interaksi antara guru dengan murid akan dapat berjalan dengan baik di dalam proses belajar-mengajar dan akan berimplikasi juga terhadap membaiknya prilaku atau adab siswa. Kata Kunci: Etika Guru, Adab Siswa, Ibnu Jama’ah
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 08:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83286 |
Actions (login required)
View Item |