Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN IMLAIYYAH DALAM PENULISAN HAMZAH WASHL DAN QATH PADA SISWA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN, TAPUNG KAMPAR

PAWESTRI HAYUNINGTYAS, - (2024) ANALISIS KESALAHAN IMLAIYYAH DALAM PENULISAN HAMZAH WASHL DAN QATH PADA SISWA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN, TAPUNG KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PAWESTRI HAYUNINGTYAS.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pawestri Hayuningtyas,(2024): Analisis Kesalahan Imlaiyyah dalam Penulisan Hamzah Washl dan Qath pada Siswa Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien, Tapung Kampar Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan penulisan huruf hamzah yang bervariasi, sehingga dengan bentuk yang berbeda terdapat kesulitan dan kesalahan dalam penulisannya serta menempatkan bentuk huruf hamzah pada tempat yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap kesalahan menulis imla’ dalam hamzah wasl dan qath yang terjadi pada siswa dan memaparkan jenis kesalahan apa saja yang sering dilakukan. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan; pertama, mengumpulkan lembar tulisan para siswa kedua, mengidentifikasi kesalahan ketiga, menjelaskan kesalahan dan keempat, mengevaluasi kesalahan. Adapun sampel penelitian ini, peneliti memilih 1 kelas dari 4 kelas yang ada dikelas 3 Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien dengan mengambil 14 siswa. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan dua hal yaitu: (1) kesalahan paling banyak dalam penulisan hamzah wasl yaitu hamzah wasl dari ism pada awal kalimat dalam kalimat "اثنان" terdapat 11 kesalahan penulisan siswa dan juga kalimat "امرأة" terdapat 11 kesalahan penulisan siswa dan kesalahan paling sedikit dalam penulisan hamzah wasl yaitu hamzah wasl dari huruf atau hamzah alif lam syamsiah wal qamariah dalam kalimat "المقعدك" terdapat 4 kesalahan penulisan siswa. (2) Kesalahan paling banyak dalam penulisan hamzah qath yaitu hamzah qath dari ism pada awal kalimat dalam kalimat "أحمد" terdapat 9 kesalahan penulisan siswa, dan kesalahan paling sedikit dalam penulisan hamzah qath yaitu pada penulisan hamzah qath min huruf dalam kalimat "لأنها" tidak terdapat kesalahan didalam nya. Dan adapun masalah yang dihadapi oleh siswa dalam belajar bahasa Arab, diantaranya tidak bisa membedakan hamzah wasl dan hamzah qath dan kurangnya perhatian dalam penulisan. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Imla’, Hamzah Wasl dan Qath’i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDADANG FIRDAUS2002048101dadang.firdaus@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:01
Last Modified: 23 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83279

Actions (login required)

View Item View Item