Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEWAJIBAN PTPN IV REGIONAL I KEBUN MERBAU SELATAN TERHADAP KARYAWAN AKIBAT SENGKETA TANAH DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA MENURUT PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB)

LILI VIVIAN, - (2024) KEWAJIBAN PTPN IV REGIONAL I KEBUN MERBAU SELATAN TERHADAP KARYAWAN AKIBAT SENGKETA TANAH DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA MENURUT PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGNA KECUALLI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kasus terjadinya perebutan wilayah tanah garapan di PTPN IV Regional I Kebun Merbau Selatan. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan dan defisiensi produktivitas kerja.Kesehatan dan Keselamatan kerja dari karyawan terganggu akibat dari terjadinya perebutan wilayah antara pihak perusahaan dengan warga lokal. Kewajiban perusahaan untuk menjamin hak-hak pekerja, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja (K3), merupakan aspek penting dalam menjaga kesejahteraan dan perlindungan pekerja. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk kewajiban yang diberikan PTPN IV Regional I Kebun Merbau Selatan dalam upaya pencegahan keselamatan kerja akibat jatuhnya karyawan karena sengketa tanah garapan menurut Perjanjian Kerja Bersama dan faktor penghambat perlindungan tenaga kerja jika dikaitkan dengan Perjanjian Kerja Bersama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kewajiban yang diberikan PTPN IV Regional I Kebun Merbau Selatan dalam upaya pencegahan keselamatan kerja bagi karyawan akibat sengketa tanah garapan menurut Perjanjian Kerja Bersama. Mengetahui bagaimana hambatan dan solusi perlindungan tenaga kerja dikaitkan dengan Perjanjian Kerja Bersama dan mengetahui bagaimana hambatan perlindungan tenaga kerja jika dikaitkan dengan Perjanjian Kerja Bersama. Metode penelitian yang digunakan adalah, hukum Yuridis sosiologis yaitu penelitian hukum yang mengunkan data skunder sebagai data awalnya, yang kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan efektivitas hukum yaitu pendekatan dimana orang benar-benar berbuat sesuai dengan norma-norma hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PTPN IV Regional I telah memberikan bentuk- bentuk upaya mencegah keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan berupa penerapan SMK3 dan pengembangan SDM. Kata kunci : Kesehatan dan keselamatan kerja, Kewajiban Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLOVELLY DWINA DAHEN, -2022068202lobelly@uin-suska.ac.id
Thesis advisormhd. kastulani, -2009096301kastulani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:01
Last Modified: 22 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83233

Actions (login required)

View Item View Item