Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP MENGGUNAKAN MODEL INCREMENTAL (STUDI KASUS: SMPN 13 PEKANBARU)

Muhammad Ridho Anugrah, - (2024) RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP MENGGUNAKAN MODEL INCREMENTAL (STUDI KASUS: SMPN 13 PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SMP Negeri 13 Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Ronggowarsito Nomor 15, merupakan sekolah di lingkungan perkotaan dengan luas 20.305 m2. Sekolah ini memiliki 30 ruang kelas dan menampung 1.212 siswa. Dengan 53 guru yang tersedia, rasio guru terhadap siswa mencapai 1:24, jauh di atas rata-rata nasional untuk jenjang SMP. Absensi adalah salah satu metode efektif untuk memastikan kedisiplinan siswa dan menginformasikan wali siswa tentang kehadiran anak selama proses belajar mengajar. Sistem Absensi Siswa dirancang menggunakan model Incremental yang menawarkan fleksibilitas dalam pengembangan. Sistem ini dirancang dengan bahasa UML melalui analisis OOAD dan diimplementasikan sebagai PWA menggunakan HTML, PHP, dan JavaScript, yang dapat diakses melalui https://www.absen-smp13pku.my.id di desktop dan mobile. Sistem ini juga dilengkapi dengan integrasi WhatsApp API untuk mengirim notifikasi kehadiran siswa kepada wali siswa. Pengujian sistem dengan metode Black Box Test dan User Acceptance Test (UAT) menunjukkan hasil yang dapat diterima pengguna. Pengguna memberikan penilaian ”Baik” sebanyak 50,67%, ”Sangat Baik” sebanyak 29,33%, dan ”Cukup Baik” sebanyak 20%, menandakan bahwa sistem absensi ini telah berfungsi dengan baik dan memenuhi harapan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUSTAKIM2002068801mustakim@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan & informasi ilmu
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:01
Last Modified: 22 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83148

Actions (login required)

View Item View Item