Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

MONALIZA RAHMA PUTRI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislama untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa pada materi pemanasan global. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasy eksperimen dengan non equivalent control grup design. Objek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII dengan sampel sebanyak dua kelas sejumlah 46 orang siswa yang dipilih dengan metode random sampling class. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman pada materi pemanasan global. Data test dianalisis menggunakan uji independet t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada materi pemanasan global di kelas VII MTs. Hasil uji regresi pada variabel independen dan dependen menunjukkan nilai signifikasi 0,012 < 0,05 dan 0,009 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dengan kedua variabel yaitu keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), IPA, dll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDIAN PERMANA, -2031038803nikidianpermana@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 04:55
Last Modified: 20 Jul 2024 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82694

Actions (login required)

View Item View Item