AIDIL FITROTUL IHSAN, - (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2023). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (949kB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Aidil Fitrotul Ihsan (2024): Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Tahun 2020-2023 Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu prinsip yang termasuk dalam tata kelola perusahaan yang baik adalah prinsip tanggung jawab (responsibility). Tanggung jawab sosial menjadi faktor pertimbangan bagi investor sebelum menginvestasikan dana pada suatu perusahaan karena pelaksanaan CSR dapat meningkatkan nilai perusahaan, begitu juga dengan profitabilitas yang merupakan suatu hasil akhir yang bersih dari berbagai keputusan yang diambil suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan profitabilitas secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan. Dan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility (csr) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dalam perspektif ekonomi syariah tahun 2020-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 25. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan Sektor Food And Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 95 perusahaaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan dengan rentang waktu 4 tahun pada 2020-2023 diperoleh 32 sampel dan teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responbility berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan karena nilai thitung (-10,508) lebih kecil dari ttabel (2,045) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan profitabilitas berpengaruh positif secara parsial terhadap nilai perusahaan karena nilai thitung (13,382) lebih besar dari ttabel (2,045) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sementara secara silmutan corporate social responbility dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena nilai Fhitung (147,445) lebih besar dari Ftabel (3.33), dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0.05. corporate social responbility dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh sebesar 91% (Determinasi R2 = 0,910) sedangkan sisanya 9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata Kunci: Corporate Social Responbility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 03:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 03:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82678 |
Actions (login required)
View Item |