Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN AMANAH TARBIYAH ISLAMIYAH REMPAK KABUPATEN SIAK

HAFIZAH SYAMIMI, - (2024) PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN AMANAH TARBIYAH ISLAMIYAH REMPAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada muatan pembelajaran IPA, melalui model pembelajaran RADEC di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Amanah Tarbiyah Islamiyah Rempak Kabupaten Siak. Kepercayaan diri merupakan salah satu indikator Kompetensi Inti aspek sosial (KI-2) yang harus dikembangkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 18 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran RADEC dan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase pemahaman konsep siswa hanya 46,33% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah model pembelajaran RADEC dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasenya naik menjadi 52%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 65%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga pemahaman konsep siswa juga meningkat menjadi 74,13% dan pada pertemuan keempat persentasenya mencapai 81% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Amanah Tarbiyah Islamiyah Rempak Kabupaten Siak. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran RADEC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:56
Last Modified: 20 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82675

Actions (login required)

View Item View Item