Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DAN INTIMATE FRIENDSHIP DENGAN SELF DISCLOSURE PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DI KOTA PEKANBARU

ALFI WIRDA MAWADDAH, - (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DAN INTIMATE FRIENDSHIP DENGAN SELF DISCLOSURE PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Second account instagram menjadi tempat untuk melakukan pengungkapan diri secara lebih bebas dalam ruang lingkup yang lebih kecil, dan aktivitas mengungkapkan diri dikenal dengan istilah self disclosure. Diantara faktor yang dapat memengaruhi terjadinya self disclosure adalah self esteem dan intimate friendship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara self esteem dan intimate friendship dengan self disclosure pada remaja akhir pengguna second account instagram di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 250 remaja akhir yang berusia 19-22 tahun. Pengumpulan data menggunakan skala self disclosure, skala self esteem, dan skala intimate friendship. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dan intimate friendship dengan self disclosure dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji parsial menunjukkan self esteem dan intimate friendship memiliki hubungan positif yang signifikan dengan self disclosure. Temuan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membantu remaja akhir pengguna second account instagram untuk memahami dan meningkatkan self esteem serta kualitas intimate friendship mereka, guna meningkatkan kemampuan melakukan self disclosure dengan cara yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, -2017076601mukhlis1@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:46
Last Modified: 17 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82559

Actions (login required)

View Item View Item