Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

DINA PUSPITA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas eksperimen yang menggunakan penerapan teknik ice breaking dengan kesiapan belajar siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional di Sekolah Menengah Atas Islam As-Shofa Pekanbaru. Besarnya pengaruh penerapan metode Ice Breaking terhadap kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Sekolah Menengah Atas Islam As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian Quasi experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, sedangkan Objek pengaruh teknik ice breaking terhadap kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan sampel 49 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpalan data adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan kesiapan belajar siswa yang menggunakan metode Ice Breaking dengan menggunakan metode lainnya di Sekolah Mengah Atas Islam As-Shofa Pekanbaru . Diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan hasil t_hitung > t_tabel pada taraf signifikansi 5% (1,678) dan 1% (1,300) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji effect size menunjukkan besarnya pengaruh penerapan teknik ice breaking terhadap kesiapan belajar siswa sebesar 1,41 tergolong besar Kata Kunci : Penerapan Teknik Ice Breaking, Kesiapan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDICKI HARTANTO, -2004097002hartantodicki2021@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:12
Last Modified: 20 Jul 2024 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82536

Actions (login required)

View Item View Item