Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA REMAJA MADYA DI PEKANBARU

S HAKYRA JUNIA, - (2024) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA REMAJA MADYA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (73MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Remaja madya merupakan kelompok usia yang sedang mengalami masa krisis dan dihadapkan pada proses pencarian jati diri. Lemahnya pengendalian diri dan kematangan emosi serta belum stabil dalam mengambil sebuah keputusan, mengakibatkan remaja madya rentan terjebak ke dalam impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kontrol diri dan kecerdasan emosi dengan impulsive buying pada remaja madya di Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria: konsisten melakukan pembelian barang barang non atau selain makanan dan minuma minimal satu kali dalam satu bulan dan memiliki uang saku harian atau bulanan untuk pengeluaran pribadi. Jumlah subjek sebanyak 350 orang remaja madya berusia 15-18 tahun yang berstatus sebagai siswa SMA sederajat di kota Pekanbaru. Data penelitian diperoleh menggunakan skala kontrol diri, skala kecerdasan emosi, dan skala impulsive buying. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan kecerdasan emosi dengan impulsive buying pada remaja madya di Pekanbaru dengan nilai F = 16,080 dan sig. sebesar 0,000. Sumbangan efektif kontrol diri dan kecerdasan emosi terhadap impulsive buying sebesar 8%. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk mengurangi perilaku impulsive buying, maka strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan melakukan kontrol diri dan kecerdasan emosi dalam mengurangi perilaku impulsive buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, -2017076601mukhlis1@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:57
Last Modified: 18 Jul 2024 00:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82454

Actions (login required)

View Item View Item