Vivi Lukmadani,, - (2024) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa pada Pembelajaran IPS di SMP IT Al-Kautsar Duri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Vivi Lukmadani, (2024): Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa pada Pembelajaran IPS di SMP IT Al-Kautsar Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa pada pembelajaran IPS di SMP IT Al-Kautsar Duri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa dalam pemebelajaran IPS diantaranya siswa kurang terampil dalam berkomunikasi Interpersonal, rendahnya tingkat komunikasi antar siswa dan siswa hanya mengandalkan temannya yang aktif berbicara ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitaian Pre-Eksperimental dan desain yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 147 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII Aminah yang berjumlah 27 orang dengan alasan bahwa kelas ini merupakan kelas yang bisa dijadkan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan pada hasil observasi guru berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase sebesar 80% dan hasil angket mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 97.78 pada pretest dan 105.07 pada posttest. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% df=26 (1.706) atau 6.195 > 1.706 dan Sig (2-Tailed) 0.000 < 0.050 maka Ho Ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa pada pembelajaran IPS di SMP IT Al-Kautsar Duri Kata Kunci : Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray, Komunikasi Interpersonal
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:07 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:07 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82365 |
Actions (login required)
View Item |