NURUL IZZAH YUSRIANA, - (2024) PENGARUH PENDAPATAN DAN SELERA TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN PADA TUNGKU DAKAK - DAKAK NI NUN NAGARI SIMABUR KECAMATAN PARIANGAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NURUL IZZAH YUSRIANA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurul Izzah Yusriana (2024): Pengaruh Pendapatan dan Selera Terhadap Permintaan Konsumen Pada Tungku Dakak – Dakak Ni Nun Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat yang beraneka ragam menurut pekerjaan, tingkat pendidikan, dan usia yang diasumsikan memiliki pola konsumsi yang berbeda – beda, khusus nya makanan ciri khas suatu daerah. Saat ini banyak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang makanan ciri khas suatu daerah seperti Tungku Dakak - dakak Ni Nun yang berlokasi di Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Pendapatan dan Selera berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Permintaan Konsumen Pada Tungku Dakak – dakak Ni Nun. Dan Tinjauan Ekonomi syariah terhadap Pendapatan dan Selera terhadap Permintaan Konsumen Pada tungku Dakak – dakak Ni Nun ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan selera secara parsial dan simultan dan mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap permintaan konsumen pada Tungku Dakak – dakak Ni Nun Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi adalah konsumen Tungku Dakak – dakak Ni Nun yang berjumlah 480 orang. Metode penentuan sampel adalah accidental sampling yaitu sampel berdasarkan kebetulan yang mana jumlah sampel di ambil sebanyak 15% saja yaitu 72 orang responden. Dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat persamaan regresi sebagai berikut: Y= 2,962+ 0,400X1 + 0,339X2. Berdasarkan hasil uji T diperoleh bahwa pendapatan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,973 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,006. Selera berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan konsumen dengan nilai dengan thitung >ttabel yaitu 5,078 > 1,995. Hasil Uji F, yaitu F hitung diperoleh pendapatan dan selera berpengaruh positif dan signifikan terhadap Permintaan konsumen dengan nilai fhitung sebesar 39,450 > Ftabel sebesar 3,12 dengan Tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,. Dan koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,520. Artinya variabel pendapatan (X1) dan selera (X2) berpengaruh sebesar 67,4% terhadap variabel (Y), Sedangkan sisanya 32,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Menurut Ekonomi Islam, Pendapatan dan selera terhadap permintaan konsumen sudah sesuai dengan prinsip syariah karena pemenuhan kebutuhan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kata Kunci: Pendapatan, Selera, dan Permintaan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 05:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 05:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82321 |
Actions (login required)
View Item |