Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbantuan Unity 3D Pada Pembalajaran IPAS Terintegrasi Islam pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru

Dwiki Darmawan,, - (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbantuan Unity 3D Pada Pembalajaran IPAS Terintegrasi Islam pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dwiki Darmawan, (2024): Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbantuan Unity 3D Pada Pembalajaran IPAS Terintegrasi Islam pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang berkembang dikalangan siswa.Tetapi pada kenyataannya penggunaan teknologi didalam proses pembelajaran sangat kurang dan juga dalam proses pembelajaran tidak adanya materi pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keIslaman. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbantuan Unity 3D pada materi mata dan alat optik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil validasi game edukasi berbantuan Unity 3D secara keseluruhan sudah dinyatakan sangat valid dengan persentase 89% dengan nilai validasi oleh ahli materi sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Penilaian ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan penilaian yang diperoleh dari ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Penilaian ahli keIslaman diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Setelah valid game edukasi dinilai oleh guru untuk diukur kepraktisannya dan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Mayoritas siswa dari 24 siswa didapatkan sebanyak 13 siswa atau 54,1% dengan kategori cukup valid, sebanyak 9 siswa atau 37,5% dengan kategori efektif dan sebanyak 2 siswa atau 8,3% dengan kategori kurang efektif. Kata Kunci : Game Edukasi, Unity 3D, Mata dan Alat Optik, Terintegrasi Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorABU ANWAR2017086701abu.anwar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRIAN VEBRIANTO2023108702rian.vebrianto@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:08
Last Modified: 19 Jul 2024 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82289

Actions (login required)

View Item View Item