Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUBSTITUSI SEBAGIAN RANSUM KOMERSIAL DENGAN SAPURING TERHADAP BOBOT KARKAS, KADAR GLUKOSA DAN TOTAL KOLESTEROL AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITBANGTAN (KUB)

ABDURRACHMAN JURI YUSIRWAN, - (2024) PENGARUH SUBSTITUSI SEBAGIAN RANSUM KOMERSIAL DENGAN SAPURING TERHADAP BOBOT KARKAS, KADAR GLUKOSA DAN TOTAL KOLESTEROL AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITBANGTAN (KUB). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABDURRACHMAN GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Ayam KUB adalah ayam kampung galur baru hasil seleksi secara genetikoleh tim penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan pertanian, sapuring (Sagu Parut Kering) mengandung energi yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh substitusi sebagian ransum komersial dengan sapuringterhadap bobot karkas dan mengetahui kadar glukosa dan total kolesterol plasmadarah ayam KUB.Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampaidengan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan ayam KUB yang didapatkan mulaidari doc, ransum komersial diberikan mulai dari DOC 1 hari sampai 15 hariselanjutnya ransum perlakuan diberikan mulai dari umur 15 hari sampai 30 haridengan jumlah ternak yaitu 40 ekor tanpa membedakan jenis kelamin. Ransumyang digunakan dalam penelitian ini berupa pakan komersil vivo-512 produksiPT. Charoen Pokhpand Indonesia Tbk dan sapuring (Sagu Parut Kering).Penelitian ini menggunakan ayam KUB sebanyak 40 ekor. Rancangan yangdigunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5ulangan perlakuan terdiri dari P0 = 100% ransum komersial (kontrol), P1= 95%Ransum Komersial + 5% sapuring, P2 = 90% Ransum Komersial + 10% sapuring,P3 = 85% Ransum Komersial + 15% sapuring. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggantian sebagian ransum komersial dengan sapuring tidakberpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot karkas, kadar glukosa dan totalkolesterol ayam KUB. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa substitusiransum komersial sampai pada level 15% dengan sapuring dapat mempertahankanbobot karkas dan kadar glukosa serta total kolesterol ayam KUB. Kata kunci : Ayam KUB, Bobot Karkas, Kadar Glukosa, Total Kolesterol, Sapuring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEDI ERWAN, -2004097301erwan_edi@yahoo.com
Thesis advisorMUHAMAD RODIALLAH, -2016128301muhamad.rodiallah@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:59
Last Modified: 18 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82278

Actions (login required)

View Item View Item