Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNNG START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN 002 TANJUNG KOTO KAMPAR HULU

LAILAH A'BIDAH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNNG START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN 002 TANJUNG KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP LAILAH A'BIDAH TANPA BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN LAILAH A'BIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran learning start with a question dalam meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 002 Tanjung Koto Kampar Hulu. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Start With A Question dan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Hal tersebut terlihat pada peningkatan keterampilan bertanya siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan tindakan hasil keterampilan bertanya siswa hanya mencapai rata-rata 63 atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai angka 70 dan masih berada pada kategori cukup, ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, keterampilan bertanya meningkat hingga memperoleh rata-rata sebesar 82 dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 002 Tanjung Koto Kampar Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARDIA HAYATI, -201510720mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:00
Last Modified: 18 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82250

Actions (login required)

View Item View Item