YELFI DWI ANAHYU, -
(2024)
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA AKHIR APLIKASI MYTELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS).
JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 9 (1).
ISSN 2527-9866
Abstract
Aplikasi MyTelkomsel merupakan layanan yang diciptakan Telkomsel untuk memberikan kemudahan pengguna dalam mengelola akun dan mengakses layanan menggunakan smartphone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna Mytelkomsel menggunakan lima dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) berupa dimensi isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan , dan ketepatan waktu. Objek penelitian ini adalah pengguna aktif aplikasi Mytelkomsel terbaru dengan jumlah responden 100 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling dan perhitungan dengan formula Lameshow. Kuesioner online digunakan sebagai instrumen penelitian dengan penggunaan skala Likert untuk mengukur tingkat tanggapan responden. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan setiap variabel EUCS, yaitu variabel isi, akurasi , bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, baik secara parsial (Uji T) maupun simultan (Uji F). Analisa regresi linear berganda juga menunjukkan bahwa variabel independen yang paling dominan memengaruhi kepuasan pengguna Mytelkomsel adalah dimensi bentuk dengan nilai koefisien regresi (β) sebesar 0,319.
Actions (login required)
|
View Item |