Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA TARUNA PEKANBARU

MAHARANI SYAKINAH, - (2024) PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP EKCUALI HASIL PENELTIAN (ABB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

MAHARANI SYAKINAH (2024) : PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA TARUNA PEKANBARU Media realia merupakan benda nyata yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah pembelajaran dengan memberikan contoh benda yang sebenarnya. penerapan media realia dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan sampel batuan. dengan menggunakan media realia sampel batuan sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media realia terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada materi dinamika litosfer di SMA Taruna Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 62 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi dinamika litosfer. Motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media realia. Berdasarkan nilai rata-rata pre-test dan post-test, terlihat adanya peningkatan nilai tes motivasi belajar siswa, yaitu dari 56,80 menjadi 62,1. Berdasarkan nilai ratarata pre-test dan post-test pada kelas kontrol, terlihat adanya peningkatan aspek motivasi belajar siswa, yaitu dari 55,97 menjadi 59,63. Hasil uji hipotesis dengan t-test, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. hasil perhitungan effect size didapatkan skor nilai sebesar 0,5. dapat disimpulkan bahwa media realia berpengaruh secara efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Realia, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNelvawita, -2026107402Nelfawita@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:53
Last Modified: 17 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82106

Actions (login required)

View Item View Item