Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS HUKUM MEMBUJANG BAGI PENGIDAP HIV-AIDS MENURUT PUTUSAN MUI NO.18 TAHUN 1997 TENTANG BERSIKAP, BERGAUL DAN MERAWAT PENDERITA AIDS

NADIA TULIA, - (2024) ANALISIS HUKUM MEMBUJANG BAGI PENGIDAP HIV-AIDS MENURUT PUTUSAN MUI NO.18 TAHUN 1997 TENTANG BERSIKAP, BERGAUL DAN MERAWAT PENDERITA AIDS. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Membujang merupakan perbuatan yang dilarang oleh Nabi Muhammad SAW, akan tetapi membujang merupakan solusi bagi kaum yang menderita penyakit HIV-AIDS. Karena dengan para pengidap HIV-AIDS tidak menikah maka tidak mendatangkan kepada kemudharataan, Menurut hukum Islam pula Membujang hukumnya boleh dikarenakan HIV-AIDS merupakan penyakit yang boleh dibatalkan dalam pernikahan, Sama halnya dengan Putusan MUI No.18 Tahun 1997 mengatakan bahwa pengidap HIV menikah dengan orang yang tidak memiliki penyakit HIV ataupun AIDS maka hukum nya makruh bahkan bisa menjadi haram. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni mengenai Apa saja penyakit yang menjadi penyebab penghalang pernikahan, hukum membujang bagi pengidap HIV-AIDS Menurut Hukum Islamhukum, dan bagaimana aanalisis terhadap putusan MUI No.18 Tahun 1997 tentang bersikap, bergaul dan merawat penerita AIDS. Teknik pengupulan data ini menggunakan studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penulis setuju dengan putusan MUI mengenai membujang bagi pengidap HIV-AIDS yang mana HIV-AIDS merupakan penyakit yang menular dan juga berbahaya. Dengan pengidap HIV AIDS tidak menikah Maka tidak akan menularkan kepada orang lain dan tidak pula memudharatkan keturunannya. Kata kunci: Membujang, HIV-AIDS, Putusan Muzakaarah MUI No.18 Tahun 1997.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHendri, -2007048002hendrika@uin-suska.ac.id
Thesis advisorKASMIDIN, -2017086801kasmidinarabiy@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:47
Last Modified: 18 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82090

Actions (login required)

View Item View Item