Elzy Novianti, Elzy
(2024)
Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Banking Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation (HE).
Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 5 (4).
pp. 1-7.
ISSN p-ISSN: 2723-3863 e-ISSN: 2723-3871
Abstract
Salah satu bank terbesar di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah adalah Bank Rakyat Indonesia. BRI
merupakan salah satu perbankan yang menerapkan system mobile banking. Ditemukan masalah dan gangguan
pada usability aplikasi berupa tampilan menurut hasil survey kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan
mengevaluasi kemampuan aplikasi BRImo agar memberikan pengalaman pengguna yang positif. Dalam pengujian
penelitian ini, ada dua metode yang diterapkan yaitu User Experince Questionnaire dan Heuristic Evaluation.
Hasil penelitian pengujian kuesioner benchmark UEQ menunjukan nilai pada skala attractiveness 1,61, effeciency
1,76 dan stimulation 1,52 mendapatkan kategori baik, sedangkan nilai dari skala perspecuity 1,72, dependability
1,48 dan novelty 0,75 termasuk kategori di atas rata-rata. Permasalahan pada aplikasi BRImo yang ditemukan para
ahli berpotensi menyulitkan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian tingkat keparahan dari 10 aspek metode,
Aesthetic dan Minimalist Design mendapat nilai rating 2 (dua) dengan nilai 1,66 dibutuhkan perbaikan dengan
tingkat prioritas rendah karena dengan kondisi aplikasi yang terlalu banyak elemen dan menu yang membuat
kebingungan pengguna dan ikon serta simbol yang lebih memikirkan estetika dibanding fungsionalitas aplikasi .
Actions (login required)
|
View Item |