Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN READING QUIZ BERBANTUAN MEDIA UBUR-UBUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 013 PINTU GOBANG KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH

SHELA SYAFRIANA, - (2024) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN READING QUIZ BERBANTUAN MEDIA UBUR-UBUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 013 PINTU GOBANG KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Shela Syafriana, (2024): Penerapan Teknik Pembelajaran Reading Quiz Berbantuan Media Ubur-Ubur untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Penelitian ini didasari oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS yang membuat guru harus lebih kreatif dalam memimpin pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur yang terdiri dari II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yaitu 49,50% dengan kategori kurang baik, Setelah diterapkan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur, aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yaitu 52% dengan kategori masih kurang baik, pertemuan kedua meningkat menjadi 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II pertemuan ketiga meningkat menjadi 68% dengan kategori cukup, lalu meningkat menjadi 80% pada pertemuan keempat dengan kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 013 Pintu Gobang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Teknik Reading Quiz, Media Ubur-ubur, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan2017107301subhanalhazmi@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:18
Last Modified: 15 Jul 2024 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81650

Actions (login required)

View Item View Item