Kurniawan Ramadhan, - (2024) Rancang Bangun Chatbot Konsultasi Zakat Menggunakan Dialogflow Studi Kasus : BAZNAS Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Laporan Tugas Akhir Kurniawan Ramadhan [tanpa bab 4].pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Laporan Tugas Akhir Kurniawan Ramadhan [bab 4].pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Teknologi chatbot yang efektif dapat diakses melalui gambar, teks, dan suara berkat kemajuan Artificial Intelligence. Chatbot menurunkan rasa penasaran pengguna dan membantu bisnis mengotomatisasi interaksi masyarakat. Di Kota Pekanbaru, pembayaran zakat rendah karena masyarakat tidak tahu tentang zakat dan memiliki akses yang terbatas ke layanan konsultasi Baznas. Konsultasi di Baznas saat ini dilakukan secara manual dan terbatas pada jadwal ustad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan membangun chatbot di aplikasi Telegram yang menggunakan framework Dialogflow. Chatbot ini diharapkan dapat mengatasi masalah konsultasi zakat di Kota Pekanbaru dengan menawarkan layanan yang fleksibel dan mudah diakses tanpa berbicara langsung dengan ustad. Integrasi Chatbot diharapkan membantu masyarakat lebih memahami zakat dan meningkatkan jumlah pembayaran zakat ke Baznas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot ini mendapatkan nilai user acceptance testing sebesar 76%
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika | ||||||||||||
Depositing User: | fsains - | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81647 |
Actions (login required)
View Item |