Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V SD SAINS TAHFIZH ISLAMIC CENTER SIAK SRI INDRAPURA

ANAYA SYAHIRAH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V SD SAINS TAHFIZH ISLAMIC CENTER SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANAYA kecuali bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI ANAYA bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

ABSTRAK Anaya Syahirah, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Sains Tahfizh Islamic Center Siak Sri Indrapura. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Complete Sentence dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Sains Tahfizh Islamic Center Siak Sri Indrapura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 27 siswa dan objeknya model Complete Sentence dan kemampuan menulis karangan narasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Complete Sentence. Grafik Peningkatannya terlihat dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus atau sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata pemahaman konsep siswa hanya 55,55 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Complete Sentence pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 74,07 dengan kategori kurang, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 85,64 dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Sains Tahfizh Islamic Center Siak Sri Indrapura. Kata Kunci: Model Pembelajaran Complete Sentence, Kemampuan Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUBHAN, -2017107301subhan.alhazmi73@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:37
Last Modified: 15 Jul 2024 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81599

Actions (login required)

View Item View Item