Shulhan Abdul Gofar, Shulhan
(2024)
ANALISIS PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM PABRIK TEMPE CAP ANGSA MENGGUNAKAN METODE SWOT.
ANALISIS PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM PABRIK TEMPE CAP ANGSA MENGGUNAKAN METODE SWOT, 6 (2).
pp. 1-32.
ISSN 2656-7407
Abstract
Abstrak - UMKM Pabrik Tempe Cap Angsa merupakan usaha agroindustri pengolahan kedelai menjadi tempe dengan sistem pengolahan semi modren. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya memanfaatkan teknologi informasi digital dalam mempromosikan produk, keterbatasan akses pasar, kurangnya analisis data berupa perilaku pelanggan dan tren pasar. Penelitian ini menggunakan metode analisa SWOT dan dikombinasikan dengan Business Model Canvas (BMC) untuk memetakan model bisnis yang dapat dijadikan pedoman pengembangan bisnis dalam transformasi digital. Penelitian ini menunjukkan hasil faktor internal 0,20375 dan nilai faktor eksternal 0,18125 yang mana terletak di kuadran I yang merupakan strategi agrasif, strategi agresif menghubungkan antara Kekuatan (Strength) dan Peluang (Opportunity). Terdapat beberapa alternatif strategi yang tepat untuk UMKM Pabrik Tempe Cap Angsa dirumuskan melalui Business Model Canvas yang memetakan 9 blok peningkatan bisnis.
Actions (login required)
|
View Item |