HERDILA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI HERDILA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Herdila, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Uderstanding Procedures terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran conceptual uderstanding procedures terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, VB sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya, dilakukan uji-t (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 5,575 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 62, sebesar 1,67, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah perlakuan. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa model pembelajaran conceptual uderstanding procedures berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Kata kunci: Conceptual uderstanding procedures, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81375 |
Actions (login required)
View Item |