Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS DAN FP-GROWTH BERDASARKAN MODEL LRFM UNTUK REKOMENDASI PRODUK

Astriana Rahmah, - (2024) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS DAN FP-GROWTH BERDASARKAN MODEL LRFM UNTUK REKOMENDASI PRODUK. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 7. ISSN eISSN 2548-8368 - pISSN 2614-5278

[img]
Preview
Text
Astriana Rahmah_12050320398_LateX_Repo_Final.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bazmart Pelalawan adalah bagian dari program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pelalawan yang telah mengimplementasikan strategi untuk mempertahankan pelanggan. Namun, strategi ini belum berhasil memahami karakteristik pelanggan dengan baik, sehingga menyebabkan penurunan kepercayaan dan keinginan pelanggan untuk berbelanja kembali. Selain itu, Bazmart juga belum memiliki pedoman yang tepat dalam menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rekomendasi produk dengan mengintegrasikan analisis LRFM ke dalam teknik data mining. Parameter yang dipertimbangkan mencakup nilai LRFM pelanggan, segmentasi pelanggan, dan produk yang sering dibeli bersama dalam satu tahun data transaksi. Algoritma Fuzzy C-Means dan FP-Growth digunakan untuk analisis segmentasi dan asosiasi. Hasil segmentasi menunjukkan dua cluster pelanggan dengan nilai DaviesBouldin Index (DBI) sebesar 0,628, yang menandakan kualitas cluster yang baik. Dalam analisis asosiasi, digunakan minimum support (minsup) sebesar 30% dan minimum confidence (mincof) sebesar 70%, yang menghasilkan 8 aturan pada cluster 1 dan 17 aturan pada cluster 2. Dari kedua hasil pola asosiasi tersebut, rules tertinggi diperoleh yaitu pada Minuman dan Makanan ringan dan Roti dengan nilai support berjumlah 0,426 dan nilai confidence berjumlah 0,926 menghasilkan nilai 0,394. Aturanaturan ini memberikan wawasan yang dapat digunakan Bazmart Pelalawan untuk mengembangkan strategi pemasaran langsung yang lebih efektif dan tepat sasaran terhadap setiap cluster pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu Bazmart Pelalawan dalam memahami karakteristik pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui rekomendasi produk yang lebih tepat sasaran

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. AFDAL, -2028038801m.afdal@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:30
Last Modified: 12 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81358

Actions (login required)

View Item View Item